alay pada masanya

on Monday, April 9, 2012

Pada dasarnya semua orang pernah alay..
Alay itu ada masanya. kalo lu sekarang berumur hampir 19 tahun, mungkin jaman alay lo ketika SD tingkat akhir, sepanjang SMP, sampai SMA tingkat awal. Kayak yang pernah gue alamin…
Secara definisi, Alay (or 4L4Y, Anak Layangan or Anak Lebay) is a pop culture phenomenon in Indonesia. It is a stereotype describing something “tacky” and “cheesy” (norak or kampungan, in Indonesian).[1] The Alay culture phenomena spans over a wide array of styles in music, dress, and messaging.

Masih inget Friendster?
Mungkin volunteer social networking yang satu ini adalah bukti nyata kealayan kita. Masih inget username yang lo pake buat Friendster? Kalo dulu gue suka gonta-ganti, saking seringnya gue ampe lupa, terakhir yang gue inget username Friendster gue: ELS PBT TOEFL (betapa-norak-dan-gak-meaningnya-emanglupikirtempatles?). banyak-banyakan friends, display friends 6 kotak diisi temen-temen atau cowok-cowok keren, yang ini gue enggak, dulu displayed friend (gue lupa nama fiturnya apaan) gue Cuma Friendster kelas. Banyak-banyakan testimonial dari orang. Ada fitur “who’s view my profile”, dan kalo ada senior yang nge-view profile, seneng deh.. ada foto gue yang lagi kesenengan foto sendiri di kaca kamar, jadi kameranya keliatan, foto nutupin mulut, foto pake kacamata item, foto ngukir nama diatas pasir, dan untungnya foto gue di Friendster gak cukup banyak. Ada fitur “about me” yang argh menggambarkan gue, misalnya gue suka warna ijo, gue pecinta sneakers, gue suka dengerin music, gue suka ketawa, dan hal aneh yang gue sukai lainnya. Ada juga “who want to I meet” yang biasanya orang-orang nulisya dengan Allah SWT, mama, papa, dll tapi dulu gue ngisinya temen se-genk, nama samaran senior yang ditaksir, sampe ada tulisan kelap-kelip bergerak jalan sendiri yang ada kode html-nya macem marquee bertuliskan “elsa saiiyank semua”, pret.

Tulisan gede kecil?
Itu sudah pasti gue lakukan dari jaman SMP. Merasa SMS sama temen-temen dengan karakter yang aneh-aneh itu keren. Nulis S;5,$ A;@4 dan lo tau lah. Pas SMP gue suka banget SMSan (tentunya dengan karakter yang imut-imut itu), sampe gonta-ganti nomor cari provider yang paling banyak bonus SMSnya. Tulisan gede kecil ga Cuma ada di SMS, tapi di buku catetan sekolah, buku diary, sampe ujian pun nulis dengan gaya yang seperti itu. Bukan Cuma gede kecil dan modifikasi huruf, ternyata ada jaman tulisan dempet-dempet, yang gak ada spasinya, yang biar orang lain gak bisa baca.

Email?
Email pertama yang pernah gue buat avvyn_dies@plasa.com. Ya, pertama kali kenal imel-imelan dari plasa, Telkom. Imelnya gak tau deh isinya apaan. Email kedua da_dhewilerz@yahoo.co.id, jaman SMP. Dan email ini masih aktif sampe sekarang, email penuh buat notifikasi facebook, twitter, blog (termasuk blog ini), dan buat sign-up sign-up sesuatu yang gak jelas. Ntah ada berapa berapa juta unread email di dalamnya. Sampe bikin email paten yang serius elzasurya_ti2010@yahoo.com, email ini dibuat untuk email di milis angkatan jadi ya template emailnya mesti kayak gitu xxx_ti2010.

Kalo kealayan gue jaman SD sih sudah tak terhitung lagi. Tapi tak apalah selama pada masa itu kita menikmatinya. Bernostalgia dengan temen seumuran pun, yang padahal gak sedaerah toh mereka pernah melakukan hal yang sama. Betapa indahnya :’)

Dan fenomena yang terjadi sekarang…alay identik dengan pengangguran yang tiap hari dibayar buat nonton acara musik, atau yang nama facebooknya panjang dan gak meaning banget dengan foto super keren.

Parahnya…. Gue inget adek gue, yang masih SD, dan dengan segala kealayannya, yang kalo di rumah gue katain alay mulu. Yang menurut dia, gue yang kampungan, gak tau mode. Ah tapi biarin lah dia hidup dengan caranya sendiri dan menurutnya itu keren.

0 comments:

Post a Comment