semester ini, gue ngambil mata kuliah Analisis Daya Saing Perusahaan. yep, mata kuliah ini marketing banget, managemen banget. Nah, minggu lalu materi yang sedang dibahas adalah Visi, Misi, Core Beliefs, dan Core Values suatu perusahaan. Visi misi ini perlu banget dirumuskan sebagai kompas atau penunjuk jalan suatu perusahaan "mau dibawa kemana".
Visi ini gampangnya adalah angan-angan realistis yang berdasarkan kompetensi plus sesuai zaman. Seiring dengan perubahan zaman dan kemajuan teknologi tentunya, akan ada evolusi sesuai kecenderungan (trend watching). namun, tidaklah ada gunanya visi yang hanya tersurat di layar monitor komputer tanpa internalisasi dan realisasi. disinilah fungsi misi, untuk mengkomunikasikan visi menjadi strategi.
Dan berujunglah gue membuat visi misi untuk hidup gue sendiri, berharap hidup ga ngawang-ngawang untuk sekedar sekolah, makan, kerja, kemudian mati. yang tentunya akan mengalami modifikasi seiring bertambah dewasanya gue.
Visi:
Menjadikan hidup untuk terus belajar yang tidak berorientasi pada hasil, namun proses yang berujung pada perasaan puas dengan tidak bergantung pada orang lain, tetap menjadi diri sendiri, sesuai passion, dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki.
Misi:
Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya di berbagai bidang untuk menggali potensi dan minat dengan terus melakukan continuous improvement sehingga dapat meningkatkan kualitas diri.
haha, gatau sih gue bikin apaan, namanya juga usaha ;p
0 comments:
Post a Comment