Olahraga itu penting, kawan.

on Sunday, June 19, 2011

Semua orang pasti tahu olahraga adalah hal penting, bukan sekedar penting tapi PENTING. Yang sulit adalah membentuk kecintaan pada olahraga itu. Kenapa ya gue berkata seperti ini? Padahal gue bukan seorang atlet professional, Cuma atlet cabutan yang amatiran, haha. Tapi di dalam diri gue ini emang udah terbentuk suatu perasaan cinta sama memanjakan tubuh dengan olahraga. Entah sejak kapan ada perasaan seperti ini (aelaaah).

Waktu SD gue udah lupa apa gue suka olahraga atau enggak, yang jelas dulu gue suka banget ikut lomba yang berhubungan sama lari-larian kayak lomba nangkep belut pas 17 agustusan (sekarang masih ada ga sih?). pas SMP gue sempet sekedar sempet pengen daftar jadi OSIS bagian olahraga, alasannya apa ya padahal gue ga pernah ikut-ikutan lomba di POSA (nama acara lomba olahraga dan seni antar angkatan terbesar di sekolah gue) tapi ga kesampean daftar. Nah pas SMA gue memulai karir gue di bidang olahraga dengan judul ‘tukang senam’. Jadi kisahnya pas ospek kan ada senam tiap abis sholat subuh. Pada suatu hari diadakanlah lomba krida (senam kreasi) dadakan antar kelompok dalam ospek itu. Gue udah excited sama ini karena gue juga emang rada-rada suka sama hal tari-menari. Nah di kelompok ini gue-lah yang jadi instruktur senamnya. Tau ga?? Kelompok gue yang menang meeeennn. Dulu menurut gue itu adalah sebuah prestasi banget, apalagi nama gue dipanggil disuruh jadi pemimpin krida sabtu pagi di depan semua civitas. Yang bikin gue pas anjangsana (minta tanda-tangan senior) jadi banyak senior yang bilang “yang mimpin krida tadi pagi ya?” *merasa agak famous*. Jadi mulai saat itulah sepertinya orang-orang menganggap gue cukup jago olahraga (secara banyak gerak gitu). Tapi pas kelas satu kegiatan olahraga gue gitu-gitu doang. Cuma sekedar ikut-ikutan aja pas gakic (acara lomba olahraga antar kelas terbesar di SMA gue), tapi yang paling berkesan sih waktu itu di babak penyisihan voli gue sempet membuat lawan gue (waktu itu kelas 2.4, guenya kelas 1.5) ketakutan sampe berdoa-doa ketika kelas gue kurang 1 point lagi untuk menang, tapi akhirnya kalah juga sih. Namun sayangnya entah karena gue darah rendah mungkin jadinya stamina gue itu jelek banget, setiap kali lari marathon gue selalu jadi yang paling belakang di kelas. Selanjutnya pas kelas 2, gue malah dipercaya jadi koordinator divisi olahraga OSIS. Nah di kelas 2 inilah kegiatan gue yang berhubungan sama olahraga jadi banyak. Apalagi pas gakic, kayaknya hampir semua cabang gue ikutin. Mulai dari basket yang jadi tukang nge-shoot, voli (jadi tim voli jadi-jadian di sekolah juga), sprint di urutan ketiga, estafet yang dapet medali emas, softball, dll. Oya pas moment lain juga sempet jadi tukang futsal yang membobol gawang lawan dan memberikan score buat angkatan. Pas kelas 2 ini juga gue bikin proker baru bulutangkis putri yang bikin dulu gue sering banget main bulu tangkis. Tapi tiba-tiba di kelas 3 semua kegiatan banyak bergerak yang biasanya gue lakuin ilang secara signifikan. Hidup dengan dijejali banyak beban akademik. Udah ga ikut-ikut lagi yang namanya gakic, ga ada lagi sabtu pagi yang biasanya diisi sama acara olahraga.
Looooohhhhh kenapa panjang banget ya awalannya, padahal mau menitikberatkan pentingnya olahraga. Yang jelas, semenjak kelas 3 inilah gue merasa bersalah sama badan gue yang rasanya jadi ga produktif banget. ketidakproduktifan badan ini berlanjut sampe kuliah dimana rasanya ga ada momen yang bikin gue semangat olahraga lagi.

Dari sinilah gue bisa menyimpulkan beberapa hal yang sudah gue rasakan sendiri:
  1. Olahraga dapat mengurangi rasa sakit saat PMS. Beneran deh kerasa lho kalo pms biasanya gue beberapa hari, kalo lebih rajin olahraga pms-nya jadi sehari aja.
  2. Olahraga bikin tidur tambah nyenyak. Olahraga bikin capek kan, otomatis bikin badan pingin istirahat.
  3. Olahraga rutin bikin stamina ga gampang loyo.
  4. Olahraga meningkatkan daya tubuh. Dulu gue gampang banget kena flu, setiap musim flu gue PASTI kena, parahnya flu bisa sampe sebulan lebih, dan sekarang alhamdulillah banget bisa dikatakan ga pernah flu, paling flu semalem doang
  5. Olahraga bikin lemak bergelambir jadi otot kencang. Ga percaya? Beuh liat aja lengan sama betis gue.
  6. Orang yang ga pernah olahraga akan terlihat ‘berlemak’, beda sama orang berisi yang sering olahraga. Apalagi cowo yang kayak gini, sumpah ga enak diliat banget.
  7. Olahraga membuat anda terlihat lebih bersemangat yang menyebabkan muka anda lebih berseri-seri
  8. Olahraga bikin ga gampang ngantuk di saat-saat yang ga tepat (tapi ntah mengapa ga berlaku pada waktu belajar)
  9. Dalam beraktifitas pun akan membuat anda lebih ‘strong’
  10. Pastinya, anda akan hidup lebih sehat

ya, hidup sehat ga bisa Cuma sekedar istirahat yang cukup dan menjaga makanan. Malahan menurut gue olahraga itu adalah kunci utama hidup sehat.

Yang penting ada kesadaran dulu akan pentingnya olahraga, kemudian perasaan membutuhkan olahraga, selanjutnya membenci ketika badan menjadi tidak produktif karena kurang berkeringat.

Walaupun saat ini gue ga main olahraga semacem bulutangkis, voli, softball, futsal, atau iseng-iseng main pimpong kayak dulu lagi, gue masih cukup bisa berolahraga dengan cara yang lain. Kalo dulu yang namanya lari jarak jauh gue paling ga bisa, paling nyerah dan gampang banget capeknya sekarang beda cerita. Bersyukur banget ikut marching band yang bikin gue olahraga keras. Joggingnya harus bener-bener jogging rutin dengan jarak yang lumayan banget jauhnya dan ga boleh jalan sama sekali. Gerakan-gerakan pemanasan rutin yang emang akan menarik-narik otot dan bikin otot jadi makin kenceng. Ditambah pushup-pushup hukuman tambahan.

Oya satu lagi, sebenarnya olahraga ga selalu harus dengan cara-cara seperti itu. Jalan kaki tiap hari dari kosan ke kampus, naik-turun tangga, bahkan dari kegiatan-kegiatan seperti nari udah bisa dikatakan berolahraga. Yang penting jadi orang sih jangan MAGER aja. Mumpung masih muda, masih kuat ngapa-ngapain, keburu tua ga kuat jalan lagi. Ok? Go ahead, no MAGER!

0 comments:

Post a Comment