#1. Pasca TIMBC: sensasinya

on Thursday, December 6, 2012

Speechless. Saking speechlessnya, gue takut apa yang gue tulis disini ga cukup mewakili apa yang sebenernya gue rasain. Mau nyoba ceritain semua yang campur aduk selama proyek ini, takut ga detail. Too sweet to forget kalo kata slank.

Kalo nyoba flashback 2 tahun ke belakang. Gimana dulu tiba-tiba dengan nekatnya gue dateng ke pusgiwa buat join madah bahana di saat udah ga ada oprec lagi. gimana rasanya ditendangin dari satu alat ke alat lain, sampe akhirnya dipercaya buat main bassdrum 2, dimana orang awam gatau tingkat kesulitannya main di antara up dan beat dan mesti ngeroll juga. Dari yang dulu anaknya gabisa JB JB sampe jadi rame, annoying, ngeselin, dan alay banget. dari yang gabisa baca partitur sama sekali sampe mesti ngafalin not keriting. Dari 8 8 16 sampe triplet dribble. Dari genderang UI sampe chopin larung. Dari 4 x 4 sampe party in USA yang sampe saat ini belom hafal juga.

Mungkin ga ada lagi di drill ber-5-an biar tonalnya ngalir kayak air. Ga ada lagi nerobos gerbang kukel jam 12 malem. Ga ada lagi nginep di kosan meka sambil sebel-sebel karena mesti tidur di ubin. Ga ada lagi bingung nyari tempat makan jam 2 pagi. Ga ada tambahan sampe subuh. Ga ada latihan 15 jam. Ga ada selasa, rabu, kamis, sabtu, minggu.

Berapa peluh yang dikeluarin hampir tiap hari demi kuat ngangkat BD 2. Berapa kali di PHP-in dan digantungin bakal jadi berangkat apa enggak. Berapa juta tangis karena gabisa bocan. Berapa milyar detik yang dihabiskan bersama kalian……………… semuanya kebayar sama sensasi ini (walaupun harus cemong tropis lagi)

Packing buru-buru berasa kayak mau ke bandung.

Akhirnya gue jatoh di lapangan untuk pertama kalinya, dan sadar………badan gue udah kebal sama rasa sakit padahal ketiban bassdrum dan lutut gue ketusuk carrier.

Pernah ngegeser hujan pake kekuatan pikiran ala kak Ronald, dan………itu menakjubkan banget. yang biasanya tiap jam 2 hujan, hari pelepasan itu awan cerah banget.

Selama ini liat video running di lapangan hoki ga pernah puas, ga pernah ngeliat display yang ‘jadi’. Untuk pertama kalinya, display kebentuk pas nonton video pelepasan. Itu super ga nyangka.

Kostumnya……………keren banget!!!! topinya baru.

Akhirnya kita berangkat dengan dukungan dari berbagai pihak yang positif. Ngemper di airport karena keberangkatan rombongan 2 sambil ga jelas ngapain. Akibat dari ke gak jelasan itulah insiden cacat itu terjadi. Ga ngerti lagi kenapa anak cacat mental yang satu ini bisa kejepit blower, saking atraktifnya.

Sampai juga di Thailand dan masih harus nempuh 12 jam perjalanan dari Bangkok ke ubon ratchatani pake bis. Kata om nimon, ke Bangkok itu biasa, ini kita ke ubon daerah wisata. Mungkin semacem jogja gitu kali ya di Indonesia. Panasnya pun sama kayak jogja, lebih membakar daripada panasnya depok. Berhubung anaknya sok-sok an ga pake sun block, jeng jeng jeng jeng……….. cemong lagee tangannya item kayak pemulung.

Badmood melanda malem itu pas latihan display kering drumbattle di samping hotel di depan long beach. Padahal udah janji gamau ada yang negatif selama di thai tapi waktu itu kayak gabisa dibendung lagi. saking keselnya sama tisu yang ditempel di jari kejepit sampe selama latihan diem aja. Ini kalo tembelannya lepas-lepas terus gimana gue mau pegang mallet, gimana mau main bagus, sakitnya aja gak ilang-ilang. Sampe seeeemuanya nanya elsacul tumben banget gak rame. Sampe budi maksa suruh jawab dan blarrrr……………………gak gak gak kuat.

Tanding drumbattle. Berhasil masuk final. Sepulangnya tanding Cuma dapet sekali running marching show. Pake kostum yang keren banget itu. Sebelum perform dapet banyaaak banget semangat. Perform…..masuk final. Diketawain karena “cak cak” gue cempreng banget kedengeran sampe tempat BF bahkan. kalo gak ada “cak cak” dari gue, temponya BD lari sprint kemana-mana kaleee.

Ga nonton individual contestnya wahyu sama ditya, tapi tetep ngedukung dengan ngasi video yang ga jelas banget itu. Siap-siap street parade. Materinya rempong banget. baru hafal cadence TC hari terakhir. Bahkan jujur saja………. Si patokaan sama apuse juga gak apal mati. Tapi……..lanjut!

Hari final. Final marching show dan drumbattle. Marching show masuk ke kategori open class yang mana bertanding lagi sama 7 kontestan lainnya. Final ini jauh lebih ngerasa deg-degan, takut banget ada shit happen seperti mallet jatoh atau bahkan guenya yang jatoh di lapangan. Penonton jauh lebih banyak. Tapi…herannya di saat banyak orang sibuk puk-puk kasi semangat kok sampe detik-detik sebelum final pak PO gak turun ke lapangan buat tepuk semangat ke pasukannya.

Alhamdulillah show lancar tapi miss tempo di lagu 2. Sejujurnya masih ngerasa kurang greget walaupun tepuk tangannya rame. Keluar venue dengan rempong dan ngos-ngosan karena mesti ganti kostum buat final drumbattle. Sebelum show drumbattle ngelingker dulu bareng anak-anak betri. Meeeen sensasinya meeeen…………..gue ngerasain banget aura dari temen-temen gue. kalo kata yoyo, 20 pasang kaki yang kuat. Kebayang bakal sekangen apa gue sama kalian, sama semuanya yang ada di kalian. Ditambah satu pelatih yang bisa banget deh, bikin terharu. Gue tahu gue akan kehilangan kalian, sampe ga kuat buat ga ngeluarin air mata. Sebelum pertandingan terakhir ini pelukin satu-satu semuanya. Dan orang yang paling berjasa besar buat segalanya yang indah-indah di battery ini gak lain gak bukan……..super coach!

Tanding final drumbattle super seru. Lawannya gak ada obat. Emang pantes banget buat menang.
Baru kali itu….gue ngerasa…bukan peringkat yang terpenting. Bukan gelar juara yang kita cari. Baru kali itu gue ngerasain yang namanya “main puas” sebagai pencapaian utama gue. lepas… dengan berbahagia.

Pas pengumuman pemenang. Deg-degan. Alhamdulillah marching show juara 2. Kalah dari band yang udah jauh lebih luas kancahnya di dunia internasional, suranari. Drumbattle juara 2, kalah dari band local e-sarn drumline yang emang mantep banget aura “battle”nya. Yang gak nyangka, street parade juara 2 juga, kalah dari e-sarn yang katanya rapih banget. Alhamdulillah runner up di semua sub lomba.

Puncaknya pas closing. Gue ngerasa kayaknya semua rasa puas yang ada dalem diri gue keluar. Seneng banget bisa dikasi kesempatan dan pengalaman yang mahal kayak gini. Abis pengumuman pemenang lari ke pasukan deville buat tos ke semua orang berasa abis tanding bola. Jedar-jeder fireworks di langit, warna-warni itu ga ada obat, bagus banget, akhirnya liat lagi kembang api yang lebih dahsyat daripada yang gue liat pas konser paramore. Karena excitement yang menggebu-gebu, bareng anak-anak battery lari keliling stadion sambil mengibarkan jaket merah putih (berhubung gak ada bendera), udah gak kenal yang namanya capek lagi. sensasinya men, sensasinya!!!!!. Yang nambah seru lagi, ketika band e-sarn meramaikan suasana dengan main lagu, kita nimbrung. Tanpa kenal ras tanpa kenal kewarganegaraan berhubung gue anaknya udah gatau malu lagi didorong sama aldy buat masuk ke kerumunan band Thailand, jadilah pionir bikin ular naga panjangnya yang diikutin sama satu pasukan. Hongkong, Malaysia, semua ikut bergembira, haha. PUNCAK DAN SENSASINYA KLIMAKS PARAH!.

Seselesainya pertandingan dan acara closing, semuanya senang. Apalagi pas om nimon bilang banyak banget apresiasi dari berbagai pihak, they’re fans of our band. Gue bangga, bangga banget kalo kata budi bisa  at least sekali dalam seumur hidup gue bisa bawa nama Indonesia bareng kalian. Temen-temen gue yang tangguh. Temen-temen gue yang gak kalah sama panas, lelah, dan keringat. Temen-temen gue yang masih bertahan buat kita semua. Temen-temen yang kejar deadline jadian karena udah akhir proyek (congrats ya!). temen-temen yang masih digantungin sampe akhir proyek. Temen-temen gue  dalam proyek penuh drama ini karena fluktuasi emosi.

Pulang ber-160 dengan segudang cerita dan rasa bangga J.

Sensasinya…………….masih ada.

0 comments:

Post a Comment