belom selesai perjuangan SMA

on Tuesday, May 4, 2010
Dan segalanya telah selesai
Belom sepenuhnya sih. Tapi predikat gue sebagai siwi SMA udah cukup dibilang sukses. UAN udah lewat, gue dan temen-temen gue berhasil lulus 100% dengan grade A (satu prestasi yang udah biasa banget di sekolah gue). Dan hasil yang bisa gue dapatkan adalah...jeng...jeng...
Matematika : 9,25
Bahasa Indonesia: 9,00
Bahasa Inggris : 8,60
Fisika : 8,75
Biologi : 8,75
Kimia : 8,75
Total : 53,10
Rata-rata : 8.85
Cukup bersyukur, walaupun menurut gue hasil ini kurang memuaskan,tapi apalah daya. Kata orang “yang penting lulus”. Ok,perjalanan gue semasa SMA disudahi nilai UAN yang lumayan lah..
Tapi,gue masih punya satu beban yang cukup berat. Sekolah gue bisa dibilang agak otoriter dalam masalah ke-alumnus-an. Ga mau dong title “SMA Plus” dianggap main-main, dan ga mau juga uang negara yang dikeluarkan seabgreg-abreg dianggap ga berguna.
PTN, tantangan yang mau ga mau HARUS dicapai. Untuk saat ini,setelah melewati berbagai gelombang tes, lebih dari 50 % temen seangkatangue udah punya bangku di PTN, dan tentunya ga sembarang PTN, antara lain: UGM,UI,ITB, dan ga ketinggalan NTU (Singapore). Berhubung masih banyak jalur yang bisa ditempuh, insyaAllah di akhir tahun ajaran nanti angkatan gue akan kembali mengukur prestasi sepeti tahun sebelumnya : 100 % PTN.
Berbagai warna menghiasi pilihan. Termasuk gue, punya cerita yang agak menyedihkan (lebay sih). Gue, entah kenapa ngebet lanjut studi di FTI ITB. Parahnya, sempet ada motto FTI ITB or not (sok asik lah ceritanya). Demi menjunjung tinggi cita-cita yang mulia itu, dengan semangat gue daftar PMBP Daerah yang kebetulan tesnya dilaksanakan di sekolah sendiri,MAN Insan Cendekia Serpong. Jujur aja sih, sewaktu pengerjaannya gue ngerasa yakin dan optimis. Tapi emang kalo belum waktunya rejeki ga bakal dateng. Tanggal 14 april 2010, pihak itb berhasil membuat gue nangis, bukan nangis terharu tapi KECEWA, yah..pas ditelfon bokap bilang gue keterima di FTSL bukan di FTI. No!pupus harapan gue. Pasalnya, waktu itu gue ngerasa lagi fit banget dan otak gue juga enak diajak kompromi,gue ngerasa bisa, yah walopun ada sedikit kesalahan pas ngerjain psikotest (padahal disuruh pake pensil hb gue malah pake 2b,tapi kayaknya ga ngaruh-ngaruh amat sih). Putus asa banget waktu itu, ngerasa guelah si bego. Iri banget sama mereka yang keterima di jurusan impian, tapi sayangnya gue ga empati sama 4 temen gue yang bahkan ga dapet sama sekali. Untung aja punya yayang yang baek hati, sempet nangis ke dia juga (tengkyu banget ay!). yah,lama kelamaan gue terpaksa menerima kenyataan dengan ikhlas. Gue emang lemah banget ga bisa deh yang namanya nerima kekalahan, padahal....masih ada PMBP Terpusat, kok bisa-bisanya mau ngeluh. Waktu kekecewaan melanda gue sempet bikin puisi di note gue, yang bakal gue publish di post berikutnya.
Dan sekarang,gue masih mencoba daftar-daftar. Gue minta yang terbaik ajalah!

0 comments:

Post a Comment