share apaan deh?KULIAH

on Friday, October 8, 2010

Gue lah seorang mahasiswa baru yang sulit beradaptasi dalam waktu cepat. Maka ga heran kalo 2 bulan menyandang status ini gue masih mewek-mewek ngeluh dunia kuliah itu terlalu liar. Yes stop masalah sosialisasi cukup sampe sini aja. Berikut yang akan gue bahas adalah masalah akademik. Gue seorang lulusan SMA yang masuk jajaran SMA terbaik di negeri ini. Kesulitan masalah akademik udah biasa gue hadapi apalagi dengan kondisi IC yang cukup killer. Untuk membuktikan gue berasal dari SMA yang ga main-main, gue bertekad untuk menonjolkan nilai gue di awal awal ini. Menurut seorang sumber, “anak IC ansos-nya Cuma sebentar kok, nanti kalo udah UTS baru deh dikejar-kejar”. Ntahlah statement ini bener atau enggak, mungkin bener tapi tidak terjadi pada semua orang. Nah seperti yang gue rasakan saat ini untuk satu contoh matkul kalkulus, ngerjain kuis tuh gue bener-bener buta sampe kejadian nilai gue 3. Suatu ketakutan akan ketidakmenonjolan gue (haduh sumpah gue ga bermaksud sombong). Gue adalah seseorang yang ga bisa menerbengkalaikan masalah akademik, ga mau dianggep orang yang paling ga bisa, tapi ga mau dianggep terlalu rajin. Actually, gue cukup rajin dalam masalah pembelajaran. Gue menganggap belajar adalah tanggung jawab dan senang-senang adalah kebutuhan. Maka gue menganggap diri gue cukup bisa menyeimbangkan keduanya, walau terkadang mix keduanya agak ga sinkron (wajar lah..). kembali ke urusan mata kuliah, gue mahasiswa teknik industri ui semester 1 punya list matkul: kalkulus, statistika&probabilitas, pengantar teknik industri, mpk bahasa inggris, mpk terintegrasi, dan mpk seni.

Kalkulus adalah matkul yang cukup masuk akal dan seru untuk dipelajari dan diotak-atik apalagi kalo udah dapet pencerahan, rasanya gue pengen menaklukkan soal-soalnya. Tapi sayang, untuk menundukkan kalkulus yang erat banget hubungannya sama matematika ini gue belom punya seseorang yang bisa dijadikan pedoman valid dan konkrit. Ya mungkin karena sekarang belom kelihatan siapa-siapa dewa matematika. Gue memilih untuk tidak bertanya kepada mereka yang sekilas keliatannya jago ya karena gue takut dibawa dalam kesesatan (wahaha), maap aja ya gue belom yakin sama kalian :L. Gue prefer nanya sama temen-temen SMA gue yang diragukan lagi skillnya (ckckck), lebih enak ngejelasinnya dan lebih terpercaya. Duh kayaknya ini tulisan terkesan terlalu meremehkan orang lain, tapi ga ada maksud lhooooo. Jujur aja gue juga dulu bukan siapa-siapa kok di SMA, bukan yang terkenal jago mafikibi ya tapi ga rendah lah. Karena kurang pastinya sumber baru, gue sampe nanya ika(teman layaknya guru matematika yang tidak pelit ilmu) yang ada di bandung buat ngejelasin soal kalkulus yang aneh banget tentang teorema apit. Sempet minta tolong sama ifah, mirza, garda yang ada di singapur sana. Ngejar-ngejar aini buat bantuin dan manggil andika buat menyelesaikan soal turunan dan integral yang membutakan,haha..

Statistika&probabilitas juga cukup masuk akal, tapi masalah kembali lagi ada pada dosen. Ya emang bener kuliah itu segalanya tergantung sama dosen, sial banget kalo dapet dosen yang subjektif (artinya proses tidak sama dengan hasil), gue ga suka sama dosen yang terlalu killer atau terlalu baik dengan memberi nilai baik pada setiap mahasiswa. Matkul yang seharusnya seru, itung-menghitung, jadi ga jelas isinya karena dosen gue bukan seorang pengajar yang baik. Materinya suka ga beralur, apa-apa dibilang “ada di buku”.heh?.

Pengantar teknik industri sebenarnya mata kuliah inti yang memberikan gambaran ke-TI-an. Kelas yang tidak kondusif dan suasana membuat gue ga pernah fokus sama matkul ini. Pemberian materinya kayak seminar di ruangan yang cukup besar. isinya ceramah dan penjelasan bla-bla-bla, haduh pokoknya ni ilmu ga pernah nyangkut di otak gue dan gue sangat menyayangkan hal ini.

Mpk bahasa inggris ya selayaknya belajar bahasa inggris. Isinya materi penjelasan. Tapi seruan bahasa inggris SMA karena isinya nonton (wahh bahagianya pelajaran english bersama sir dulu).

Mpk terintegrasi adalah yang paling ga meaning dan berbelit-belit. Isinya aneh, pkn campur filsafat. Matkul ini adalah matkul yang paling dipandang sebelah mata terutama oleh mahasiswa teknik. Ya tiap hari yang dilakukan bikin kelompok, baca materi yang abstrak banget, ngebahas subpokok bahasan, focus group, home group, dan presentasi. Tapi matkul ini adalah matkul yang menentukan karena bobotnya 6 SKS dan berita bahagianya lo ga perlu terlalu berskill untuk mendapat nilai baik disini.

Mpk seni/olahraga tergantung pilihan masing-masing mahasiswa. Mpk yang paling laku keras itu bulu tangkis dan karawitan. Rumor berbicara bahwa jika memilih mpk tersebut akan mudah mendapat nilai A. Wee kalo gue sih ga bergantung sama nilai untuk matkul yang satu ini, ya disesuaikan aja sama minat, so gue memilih musik&vokal. Tapi ternyata cukup mengecewakan, karena faktanya matkul ini tidak berisi unjuk kebolehan dalam bermusik, malah belajar sejarah musik dari berabad-abad yang lalu L.

Sebenernya keilmuan teknik industri adalah bidang yang ingin dan gue minati. Ntahlah mungkin karena belum terbiasa dengan sistem jadinya amburadul gini. Mungkin seiring berjalannya waktu barulah berasa ke-TI-an seperti di bayangan gue. Ya pada intinya, memang teknik industri-lah yang gue inginkan.TI...industri,industri,industri.

(dan bad bad bad day hari ini kuis pengantar teknik industri gue ancur carut-marut)

0 comments:

Post a Comment